Ketua LKAAM Pesisir Selatan Hadiri Batagak Gala Datuak Bandaro Panjang

Ketua LKAAM Pesisir Selatan Hadiri Batagak Gala Datuak Bandaro Panjang

Pesisir Selatan, singkron.com --- Gelar Datuak Bandaro Panjang di Bungo Pasang, Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai (Pesisir Selatan) yang sudah lama talipek (tidak ada penghulunya, Red) pada Sabtu (13/5/2023) dilewakan dalam acara adat kepada Jonedi Sutan Mudo.

Acara batagak gala (melewakan gelar) Jonedi Datuak Bandaro Panjang ini dihadiri Ketua LKAAM Pesisir Selatan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, Dandim 0311 Pesisir Selatan Letkol Inf Sunardi, Ketua KAN Salido Arlin Datuak Tambijo, Sekretaris LKAAM Pessel Syafri Herfindo Dt Gamuak dan beberapa orang perantau yang sengaja pulang kampung menghadiri acara adat ini.

Dalam sambutannya Ketua LKAAM Pesisir Selatan Drs Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah mengatakan bahwa menjadi seorang penghulu, maka sosoknya akan menjadi panutan  anak kemenakan dan masyarakat nagari. Jadi, seorang penghulu tidak bisa sembarangan bersikap.

Ada tiga hal penting yang harus menjadi perhatian seorang penghulu. Pertama, menghindari perbuatan maksiat atau mungkar dalam pandangan agama dan adat.

Kedua, menghindari perbuatan yang menjatuhkan harkat dan martabat seorang penghulu. Ketiga, jangan melakukan pekerjaan yang diluar alur dan patut, seperti memecah belah orang berkeluarga, mengerjakan pekerjaan sumbang dalam adat, baik dalam berpakaian, dalam perkataan dan pergaulan. 

"Seorang penghulu di Minangkabau tidak boleh membuat keruh atau mengakibatkan orang bertengkar. Tidak hilia malonjak, mudiak mangacau, mangusuik alam nan salasai, mangaruah aia nan janiah, barundiang bak sarasah tajun, kato nan lalu lalang sajo bak caro mambao buluah, rundiang bak marandang kacang sebab lidah tidak bertulang," kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah menyitir beberapa petuah Minangkabau.

Seorang penghulu, kata Ketua LKAAM Pessel ini, harus bijaksana, adil dan dapat menyelesaikan masalah dengan musyawarah mufakat. "Kamanakan barajo ka Mamak, Mamak barajo ka panghulu, panghulu barajo ka mufakat, mufakat barajo ka kabanaran, kabanaran tagak sandirinyo," jelas Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah. 

Selesai acara melewakan gelar ini ditutup dengan Makan Bajamba yang dilaksanakan di atas Rumah Gadang kaum suku Chaniago Bungo Pasang, Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan. (Chan/Rafi)

Post a Comment

0 Comments