Dinas PMD Sumbar Selenggarakan Bimtek Pengurus LPM Angkatan IV Tahun 2023

Bimtek LPM Angkatan IV, Amriman : Jadilah LPM Motor Penggerak Partisipasi Masyarakat 

Padang, singkron.com -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar mengadakan Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM Nagari Angkatan IV Tahun 2023, yang diikuti 123 Pengurus LPM se-Kabupaten Sijunjung di Hotel Rocky Kota Padang, Minggu (2/7/2023).

Bimtek yang berlangsung selama tiga hari,  2-4 Juli 2023 ini bertema "Melalui Bimtek LPM Kita Tingkatkan Peranan dan Fungsi Kelembagaan LPM di Nagari, Menuju Sumbar Madani dan Berkelanjutan", dibuka langsung oleh Plh Kadis PMD Provonsi Sumbar Amriman, S.Pd.MM.

Menurut Amriman dalam sambutan sekaligus paparan ini, bahwa LPM diharapkan mampu sebagai motor pengerak dalam peningkatan partisipasi dan keswadayaan masyarakat, sekaligus membangun sinergitas program pemerintah. 

"LPM harus mampu menjadi mediator atau jembatan kordinasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi isu strategis dan permasalahan yang terjadi, contohnya mengatasi penyalahgunaan narkoba, stunting, kemiskinan ekstrim, ketahanan keluarga, ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi, termasuk masalah harmonisasi hubungan antar kelembagaan di nagari," kata Amriman, yang sehari-hari adalah Sekretaris Dinas PMD Sumbar.

Penyelenggaraan Bimtek LPM ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan komitmen Pemprov Sumbar bersama DPRD Sumbar dalam upaya peningkatan kapasitas SDM kelembagaan LPM nagari menuju Sumbar madani yang unggul dan berkelanjutan. 

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM., tujuan pelaksanaan Bimtek LPM ini adalah agar anggota LPM Nagari memiliki kemampuan pemahaman yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintahan nagari, terutama dalam mendukung kualitas pembangunan di nagari.

Untuk itu, kata Quartita Evari Hamdiana, dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM ini dihadirkan nara sumber yang relevan yaitu Plh Kadis PMD Amriman, S.Pd.MM., Anggota DPRD Provinsi Sumbar Deswanto, SE., Tenaga Ahli P3PD Sumbar, pakar dan motivator.

"Dengan mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM ini diharapkan para peserta dapat memberikan penguatan peran dan fungsi kelembagaan LPM nagari sehingga peran LPM makin maksimal," kata Quartita Evari Hamdiana, yang sehari-hari adalah Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat (KMA) Dinas PMD Sumbar. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments