Gubernur Lepas Mahasiswa KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato Tahun 2023

   KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato di Pasaman Barat        Fokus Atasi Angka Stunting 

Padang, se ngkron.cim -- Gubernur Sumbar diwakili Plh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amriman, S.Pd.MM melepas secara resmi mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Terpadu Tuah Sakato di Aula Kantor Gubernur, Jalan Sudirman Padang, Senin (10/7/2023).

Hadir dalam acara ini Rektor PT yang ikut program KKN-PPM Terpadu tahun 2023, Bupati Pasaman Barat, OPD Pemprov Sumbar, Dosen Pendamping Lapangan KKN-PPM Terpadu, Camat dan Wali Nagari yang menjadi lokasi KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato tahun 2023.

Program KKN-PPM Terpadu Sakato tahun 2023 ini diikuti oleh 275 mahasiswa yang berasal dari 11 Perguruan Tinggi, akan menjalani KKN pada 9 kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat mulai 13 Juli hingga 21 Agustus 2023.

Menurut Plh Kadis PMD Sumbar Amriman, KKN-PPM Terpadu sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menunjang pembangunan nagari. Akan terjadi saling sinergitas, kolaborasi, saling asah dan asuh antara mahasiswa peserta KKN-PPM dengan masyarakat.

"Berbagai masalah sosial yang muncul di nagari berawal dari masalah ekonomi, maka diperlukan kiat tersendiri di masing-masing nagari untuk pemecahannya. Kehadiran mahasiswa KKN-PPM diharapkan ikut memikirkan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang terjadi di nagari bukan sebaliknya membuat masalah baru di nagari," kata Plh Kadis PMD Sumbar Amriman berpesan. 

OPD Pemprov diharapkan ikut berkontribusi dalam KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato tahun 2023 ini karena lokus yang dipilih adalah Kabupaten Pasaman Barat sebagai daerah dengan prevalensi stunting tertinggi di Sumbar yaitu 35 persen. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama untuk mengentaskan stunting ini.

Panitia Penyelenggara  yang disampaikan Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM dalam laporannya mengatakan bahwa 275 mahasiswa yang ikut dalam KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato ini ditemla di 9 nagari di Pasaman Barat yaitu Nagari Air Bangis, Kajai, Kapa, Katiagan, Gunung Tuleh, Sasak, Sungai Aua, Talu dan Nagari Parik.

Mahasiswa ini berasal dari 11 Perguruan Tinggi yaitu Unand, UIN Imam Bonjol, UNP, Universitas Taman Siswa, Universitas Perintis, Universitas Islam Mahmud Yunus Batusangkar, Universitas Islam Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Universitas M. Natsir Bukittinggi, STAI YAPTIP Pasaman Barat dan STAI YDI Pasaman.

Pada kegiatan melepas mahasiswa KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato ini diserahkan SK Perguruan Tinggi yang ikut KKN-PPM Terpadu Tuah Sakato Tahun 2023 kepada Rektor, penyerahan mahasiswa KKN PPM Terpadu Tuah Sakato kepada Pemda Pasaman dan penyerahan bibit secara simbolis kepada Wali Nagari. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments