LKAAM Sumbar dan Kabupaten/Kota Studi Tiru ke Desa Adat di Bali

LKAAM Sumbar dan Kabupaten/Kota Studi Tiru ke Desa Adat di Bali


Bali, singkron.com -- Pengurus LKAAM Kabupaten dan Kota se Sumbar plus Pengurus LKAAM Provinsi melakukan kunjungan kerja ke Pulau Dewata, Bali. Dipimpin Ketua Umum LKAAM Sumbar, Dr. Fauzi Bahar Dt. Nan Sati membawa rombongan sebanyak 70 orang dengan kegiatan selama 4 hari (9-12 Juli 2023).

Pengurus LKAAM kabupaten dan kota yang ikut adalah Ketua dan Sekretaris. Sedangkan unsur LKAAM Provinsi terlihat Waketum 1, Drs. H. Syafrizal Ucok Dt. Nan Batuah yang juga Ketua LKAAM Pesisir Selatan dengan Sekretaris Ir. Syarfi Herpindo Dt. Gamuak, Sekum LKAAM Sumbar Drs. Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, Ketua Harian Dr. Amril Amir Dt. Lelo Basa, Ketua-ketua Bidang dan beberapa pengurus lainnya yakni Zulnadi dan Gusfen Khairul dari unsur Humas dan Azhar Nuri Dt. Rajo Nan Putiah dari unsur bidang.

Kenapa ke Bali? "Karena Bali terkenal dengan adat dan budayanya yang cukup unik dan menarik," kata Ketum LKAAM Sumbar, Dr. Fauzi Bahar.

Kunjungan kerja studi tiru ini memanfaatkan dana Pokir anggota dewan Daswippetra Dt. Manjijiang Alam dari Partai Persatuan Pembangunan dengan pelaksana Dinas Kebudayaan Sumbar.

Suku Bali merupakan salah satu suku di tanah air Indonesia yang mempunyai asal usul yang cukup unik. Keunikan Suku Bali dapat dijumpai dari segi bahasa kuno Suku Bali, kebudayaan dan sistem kekerabatan dan adat istiadat Bali yang menjadikan Suku Bali dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia dan mancanegara.

Selama di Bali rombongan, Senin 10 Juli 2023 diterima Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Prov. Bali dengan agenda Konsultasi tentang Desa Adat Bali dilanjutkan kunjungan lapangan ke salah satu Desa Adat dipandu oleh Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Bali.

Hari Selasa (11/07/2023) kunjungan dilanjutkan lagi ke lapangan dengan meninjau beberapa desa adat yang direkomendasikan tuan rumah Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali.

Rombongan yang tiba di Bali hari Minggu (9/07) dengan pesawat Garuda direncanakan kembali, Rabu 12 Juli dengan pesawat. (Rafi*)

Post a Comment

0 Comments