Kadis PMD Lapor ke Buya Mahyeldi, Sumbar Raih Tiga Penghargaan Epdeskel dan Prodeskel Tahun 2023


Kadis PMD Lapor ke Buya Mahyeldi, Sumbar Raih Tiga Penghargaan Epdeskel dan Prodeskel Tahun 2023

Padang, singkron.com -- Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar H. Amasrul, SH melaporkan kepada Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, bahwa Sumbar berhasil mendapatkan prestasi gemilang dalam Pekan Inovasi Pindeskel tahun 2023 di Jakarta yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. 

Laporan kepada Gubernur Mahyeldi itu dilakukan di Istana Gubernuran, Jalan Sudirman Padang, Kamis (16/11/2023) malam. Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH didampingi oleh Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd.M.Si dan JFT Perencanaan Pratama Winia N., S.STP.,M.Si.

Dalam kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) dan Program Desa dan Kelurahan (Prodeskel) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri ini, Provinsi Sumbar meraih Cakupan Pengisian Epdeskel Tertinggi tahun 2023, Prosentase Kategori Cepat Berkembang Tertinggi Epdeskel tahun 2023 dan Stand Terbaik III Pekan Inovasi Perkembangan Desa  tahun 2023 Tingkat Nasional. 

Ketiga Piagam Penghargaan dan Piala yang diraih Provinsi Sumbar dalam Pindeskel tahun 2023 ini diserahkan langsung oleh Kadis PMD Drs. Amasrul, SH kepada Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi.

Buya Mahyeldi menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas PMD dan seluruh jajarannya, sehingga mendapatkan tiga prestasi di tingkat nasional. Juga tidak terlepas dari koordinasi dan pembinaan yang dilakukan kepada Dinas PMN di kabupaten/kota.

"Prestasi yang diraih ini bukti komitmen dan kerja keras Pemprov melalui Dinas PMD melalui berbagai program dan Inovasi yang sudah ditargetkan oleh Kementerian Dalam Negeri," kata Gubernur Buya Mahyeldi.

Diharapkan Dinas PMD tidak   cepat berpuas diri dengan prestasi yang sudah diraih. Teruslah bekerja keras dan melakukan inovasi, sehingga pengelolaan pemerintahan di nagari, desa dan kelurahan terus maju, baik dari segi administrasi, SDM dan meningkatkan perekonomian nagari/desa lewat Bumdes dan Bumnag di seluruh Sumbar. 

Sementara itu, menurut Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., prestasi yang diraih Provinsi Sumbar di tingkat nasional ini adalah bukti dari keseriusan dan kerja keras Sumbar dalam melakukan pembinaan pemerintahan nagari, desa dan kelurahan selama ini.

"Kerja keras  Dinas PMD Sumbar bersama dengan Dinas PMN di kabupaten/kota yang tidak henti dalam pembinaan Nagari, Desa dan Kelurahan telah membuahkan hasil. Ini tentunya tidak terlepas dari arahan Buya Gubernur dan Wakil Gubernur di Pemprov serta Bapak Bupati di Kabupaten," kata  Kadis Amasrul, SH.

Epdeskel adalah berupa aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan guna menentukan status perkembangan desa dan kelurahan dalam setiap tahunnya.

Sedangkan Prodeskel adalah Program Desa dan Kelurahan yang merupakan program Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu pengelolaan keuangan dan administrasi desa/kelurahan secara efektif dan efisien. 

Epdeskel dan Prodeskel ini berada dibawah Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, yang selalu mendapat penilaian setiap tahunnya antar provinsi dan seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia. (Chan)

Post a Comment

0 Comments