Sanggar Tari Arunika : Perlunya Pemberdayaan Seni Budaya Tari Di Era Digital Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Anak Bangsa



Singkron.com - Jakarta, Pembelajaran merupakan proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berfikir yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa. Selain itu juga supaya anak senang dalam menerima pelajaran dan dapat menumbuhkan minat para siswa dalam bidang tari serta mengetahui keberhasilan yang diperoleh guru dan siswa dalam pembelajaran seni tari. 

Tari tradisional merupakan tari yang telah melampaui perjalanan perkembangan yang cukup lama, dan senantiasa berfikir pada pola-pola yang telah mentradisi. Tarian daerah Indonesia dengan beraneka ragam jenis tarian indonesia seni tari membuat indonesia kaya akan adat kebudayaan kesenian. Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. 

Untuk itu untuk melestarikan kebudayaan tari ini para remaja khususnya daerah Kebayoran Lama Selatan membentuk sebuah sanggar tari, sanggar tari itu dibentuk Januari 2022 dan sudah mempunyai 16 anggota yang kesemuanya perempuan dari tinggkat SD sampai SMA. Walaupun baru berusia satu tahun, sanggar tari Arunika telah mempunyai prestasi yaitu, tingkat sanggar juara harapan 1 dan pentas di acara kelurahan maupun 17 agustus di misi kebudayaaan point square. Sanggar tari ini dina oleh Lussi Aldara

Sanggar Tari Arunika melaksanakan kegiatan-kegiatan bertujuan untuk:
1. Memberikan wadah pada masyarakat yang mempunyai minat di bidang seni dan budaya
2. Menyalurkan bakat generasi muda
3. Melestarikan, mengembangkan, dan           membangkitkan seni budaya tradisi
4. Memberi hiburan bagi warga
5. Memberi kegiatan positif bagi warga masyarakat
6. Menambah pendapatan masyarakat dan para  pelaku seninya

Sanggar Tari Arunika memiliki fungsi sebagai berikut:
- Membantu mengembangkan potensi putra-putri wilayah Kebayoran Lama Selatan dan sekitarnya.
- Membantu menyalurkan minat dan bakat putra-putri, khususnya di bidang kesenian tari
- Menanamkan nilai-nilai luhur dari seni dan budaya

Bagi kalian yang ingin ikut melestarikan kebudayaan tari Indonesia bisa mengikuti sanggar tari Arunika yang bertempat di Jl. Tanah Kusir II Gg U1 RT 011/011 Kebayoran Lama Selatan dan untuk mengetahui informasi tentang sanggar tari Arunika kalian juga bisa memfollow IG @sanggar_arunika. (Rio)

Post a Comment

0 Comments