Kunker ke Pancung Soal, Wagub Audy Tampung Aspirasi Soal Banjir, Jembatan dan Jalan Muaro Sakai

 Kunker ke Pancung Soal, Wagub Audy Tampung Aspirasi Soal Banjir, Jembatan dan Jalan Muaro Sakai

Pancung Soal, aingkron.con -- Sepanjang hari Rabu 1 Mei 2024, Wakil Gubernur Sumbar Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt.,M.Sc. Dt. Rajo Pasisia Alam mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Pesisir Selatan. Selain menghadiri Halal Bihalal Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura, Wagub Audy bersilaturrahmi ke Rumah Gadang Mande Rubiah dan menyerahkan bantuan Sembako di Kambang, Lengayang.

Halal Bihalal KAN Inderapura terdiri dari Ketua KAN Inderapura Chairul Saleh Rangkayo Maharajo Gerang bersama Ninik Mamak Nan 20, Muspika Pancung Soal dan Air Pura, Wali Nagari, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat. Dihadiri oleh Wagub Audy Joinaldy bersama Kadis Kehutanan Yozarwardi, Kadis PTSP Adib Alfikri, Ketua LKAAM Pesisir Selatan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Dt. Nan Batuah, Sekdis PSDA Adiarsyah, utusan Dinas Perikanan dan utusan Dinas Pertanian.

"Saya jarang-jarang ke wilayah selatan dari Kabupaten Pesisir Selatan. Selama ini yang sering berkunjung itu Gubernur Buya Mahyeldi, makanya saya sengaja mengadakan kunjungan kerja dan bersilaturrahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat," kata Audy Joinaldi seusai acara Halal Bihalal KAN Inderapura.

Menurut Wagub Audy, kesempatan silaturrahmi sekaligus menampung aspirasi pembangunan dan masukan langsung dari masyarakat. Seperti di Inderapura banyak aspirasi yang disampaikan, antara lain Batang Panambam yang selalu menyebabkan banjir lahan kebun masyarakat. Hampir 7.000 hektar lahan kebun sawit, kebun jagung, kebun jeruk dan sayuran, jadi langganan banjir bertahun-tahun.

"Dinas PSDA Sumbar akan menurunkan tim lagi dalam minggu pertama bulan Mei ini, untuk melakukan drone dan mengumpulkan data lapangan, sehingga ada solusi sesuai dengan kewenangan Pemprov Sumbar, apakah solusinya normalisasi sungai pembangunan bandar drain atau pembangunan sodetan, nanti kita putuskan," kata Wagub Audy Joinaldy yang sebelum Halal Bihalal meninjau langsung ke lokasi banjir Batang Panambam.

Aspirasi lain yang disampaikan masyarakat dalam Halal Bihalal KAN Inderapura adalah tentang pembangunan jembatan permanen yang menghubungkan wilayah Kecamatan Pancung Soal dan Kecamatan Air Pura, peningkatan jalan Inderapura ke Muara Sakai, perbaikan jalan bekas perkebunan di Damar Rumput, jalan masuk ke SMK Pancung Soal dan permohonan pembangunan tugu/taman Kantor KAN, akan dicarikan solusi yang akan dilakukan sesegera mungkin.

"Kita tidak bisa sim salabim langsung jadi. Pemerintah akan petakan masalah dengan data valid dan memutuskan langkah apa yang akan dilakukan, lalu kita bikin perencanaan dan penganggaran. Jika sudah ketok APBD-nya baru dieksekusi pembangunannya," ujar Audy Joinaldy lagi.

Langkah mencari solusi yang akan dilakukan Wagub mendapat respon positif dari tokoh masyarakat Inderapura Adion Rangkayo Sumangun Dirajo dan berharap langkah konkrit solusi Wagub diikuti penyusunan DED dari proyek pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat Inderapura.

"Kami menyadari keuangan daerah Pemprov terbatas dan banyak sekali usulan pembangunan dari kabupaten/kota. Makanya kami harapkan ada penyusunan DED terlebih dahulu untuk bandar drain atau sodetan dan jembatan sehingga untuk pendanaan pembangunannya bisa diupayakan dari berbagai sumber seperti APBD Pemprov, APBN ataupun Pokir dari Anggota DPRD Provinsi maupun Pokir Anggota DPR-RI," kata Adion Rangkayo Sumangun Dirajo menambahkan.

Seusai Halal Bihalal di KAN Inderapura, Wagub Audy didampingi Ketua KAN Chairul Saleh Rangkayo Maharajo Gerang melepas bibit ikan nila ke kolam milik masyarakat di Perumnas Inderapura serta meninjau jalan masuk ke SMKN Pancung Soal yang kondisinya rusak parah.

Kunjungan kerja Wagub Audy Joinaldy dilanjutkan ke Rumah Gadang Mande Rubiah di Lunang untuk bersilarurrahmi pasca Idul Fitri 1445 H. Malam harinya Wagub meneruskan perjalanan ke Kambang Kecamatan Lengayang dan menyerahkan bantuan IKM NTT berupa sembako yang diterima secara simbolis oleh Ketua KAN Kambang Bagindo Sati. Chan)

Post a Comment

0 Comments