Basarnas Mentawai Lakukan Penandatanganan LOCA dengan Bandara Rokot

            Basarnas Mentawai Lakukan      Penandatanganan LOCA dengan Bandara Rokot

Mentawai, singkron.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) kelas B Kabupaten Kepulauan Mentawai melaksanakan penandatanganan Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) dengan Otoritas Bandara Rokot atau Bandar Udara Mentawai (BUM) kelas III Mentawai. Penandatanganan berlangsung di aula Kantor SAR Mentawai Km 9 Tuapejat Mentawai. Kamis (06/062024)

Inti dari penandatanganan LOCA tersebut terkait penyelenggaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan Kecelakaan Pesawat Udara.

Kerjasama yang dilakukan oleh Basarnas dengan bandara merupakan tugas besar yang secara bertahap sehingga sinergitas pada masing-masing wilayah kerja dalam pelayanan  SAR semakin baik.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Mentawai Bambang Rudi Sulaksono mengatakan, bahwa sangat penting untuk memastikan kesiapan kita bersama sebagai instansi pemerintah dalam melakukan pencarian dan pertolongan kejadian kecelakaan pesawat udara.

Loca ini bertujuan sebagai pedoman bersama bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan dan Kantor Unit Bandar Udara dalam mengambil sikap dan tindakan terpadu terkait dengan koordinasi penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan kecelakaan pesawat udara kedepannya. 

Dengan dasar ini dapat mengoptimalkan proses koordinasi pertukaran informasi terkait pencarian dan pertolongan kecelakaan pesawat udara secara cepat, tepat, efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan," ujar Rudi.

Kantor SAR Kabupaten Kepulauan Mentawai Rudi SE mengutarakan,"Penandatanganan LOCA ini menjadi dasar legalitas dan sebagai landasan untuk saling berkomunikasi, koordinasi, bersinergi terkait operasi penyelamatan di Bandara,"ujar Rudi

Rudi juga menyampaikan, bahwa LOCA ini agar pelaksanaan ini dapat dilakukan dengan itikad baik, dan cara yang baik. Penandatanganan LOCA ini juga sebagai sinergitas dalam keterlibatan kegiatan pelatihan antara SAR dan Bandara.

Rudi juga mengatakan, "Penandatanganan LOCA ini sebagai ajang berbagi informasi terkait layanan keselamatan. SAR Mentawai mengupayakan kerjasama yang baik antara pihak Bandara dan. Dalam hal keselamatan di udara atau kecelakaan pesawat yang sangat perlu diperkuat dengan LOCA ini. Disinilah SAR Mentawai bisa berkolaborasi bersinergi dengan pihak Bandara dan pihak lainnya," ungkap Kakansar. (Chan)

Post a Comment

0 Comments